Surah Al-Qaari'ah: Membahas Tentang Hari Kiamat

Surabaya
Jum'at, 27 Januari 2017
Oleh: Ustad Ma'ruf Nursalam


1. Hari Kiamat.
Karena kengerian-kengerian yang terjadi di dalamnya sangat menggetarkan kalbu.

2. Apakah Hari Kiamat Itu?
Ungkapan ini menggambarkan tentang kengerian.

3. Taukah Kamu Apa Hari Kiamat itu?
Ungkapan ayat ini menambah kengerian yang terdapat di hari kiamat.

Catatan tambahan:
Dalam pembahasan Khauf dan Raja': Sesungguhnya orang yang beruntung adalah orang yang jiwanya selalu merasa takut dan penuh harap kepada Allah

4. Pada Hari Itu Manusia Seperti Anai-Anai yang di Hambur-Hamburkan.
Atau seakan-akan belalang-belalang yang dihambur-hamburkan; sebagian di antaranya terbang beriringan dengan yang lain secara semerawut. Demikian itu karena mereka dalam keadaan kebingungan, hal ini berlangsung terus hingga mereka dipanggil menjalani perhitungan amal perbuatan.

5. Dan Gunung-Gunung Seperti Bulu-Bulu yang di Hambur-Hamburkan.
atau bagaikan wook yang terhambur-hamburkan, karena ringannya, sehingga jatuh kembali rata dengan tanah.

6. Dan Adapun yang Berat Timbangannya.
Artinya amal  kebaikannya lebih besar daripada

7. Maka Dia akan Berada Dalam Kehidupan yang Memuaskan
Yaitu berada dalam surga; atau dengan kata lain kehidupan yang diterimanya itu sangat memuaskan.

8. Dan Adapun Orang yang Ringan Timbangannya
Artinya keburukannya lebih berat daripada amal kebaikannya.

9. Maka Tempat Kembalinya adalah neraka Hawiyah

10. Dan Taukah Kamu Apakah Neraka Hawiyah Itu?

11. Api yang Sangat Panas.  
Neraka Hawiyah adalah yang panasnya luarbiasa

Catatan tambahan:
Hisab: ditunjukkan catatan amalnya, diberikan ingatan. Semua kesalahan diingatkan tidak ada yang dilupakan.
Timbangan: ditimbang amal baik dan buruknya. Maka azab sehari akan dirasakan seperti seribu tahun.

Orang yang timbangan amal baiknya lebih berat akan langsung masuk surga. Ada 7 Golongan yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat nanti:
1. Pemimpin yang adil. 
(yang memiliki wilayah, yang memiliki angkatan bersenjata untuk mempertahankan wilayahnya. Maksudnya adalah adil dalam menjalankan hukum Allah.)
2. Orang yang hatinya selalu terikat di masjid. 
(Hatinya beriman, sholat di masjid tidak akan ketinggalan kecuali alasan syar'i, lebih memilirkan masjid daripada rumah, dan menghidupkan masjid)
3. Pemuda yang tumbuh terus dalam beribadah kepada Allah. 
(Menerapkan keseharian dengan tujuan ibadah, mulai dari makan, minum, tidur, dll)
4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah. 
(Bertemu karena Allah, berpisah juga karena Allah. Hal ini bisa terjadi karena cinta dan ketaatan kepada Allah.)
5. Seorang laki-laki yang dirayu wanita cantik, berkedudukan dan kaya, tapi dia mengatakan takut kepada Allah. (Hawa nafsu dari beberapa sisi, jabatan, harta, dan kecantikan tapi semua itu haram)
6. Orang yang menyedekahkan sebagian hartanya dengan tangan kanannya, sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui.
7. Orang yang berzikir dan bermunajat kepada Allah sampai meneteskan aircmata di waktu sepi. Artinya dia takut kepada Allah (dua mata orang ini tidak akan tersentuh api neraka)

Bagaimana timbangan kejelekan sama dengan kebaikan?
Maka rahmat Allah lebih besar daripada murkanya.

Dalam  (QS. Al An’am: 160) Allah berfirman:
Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).

Sekali Mendaki, Puncak Raung (3336 MPDL) Terlampaui



IINFORMASI UMUM

Gunung raung (3344 MDPL) merupakan gunung tertinggi ke dua di Jawa Timur setelah gunung Semeru. Lokasinya meliputi tiga wilayah kabupaten, yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember. Secara geografis, gunung ini adalah bagian dari pegunungan ijen dan puncaknya adalah yang tertinggi. Raung memiliki kaldera kering yang besar, menurut  berbagai sumber, kaldera gunung Raung merupakan yang terbesar ke dua di Indonesia setelah gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.


Review Film: HANGOUT


Jenis Film : Komedi, Thriller
Sutradara : Raditya Dika 
Penulisa Naskah : Raditya Dika 
Produser : Sunil Samtani, Gope T. Samtani
Rilis : 22 Desember 2016

Sekilas Hangout

Cerita film ini berawal dari sebuah undangan misterius yang diterima oleh sembilan publik figur, yaitu Raditya Dika, Prilly Latuconsina, Titi Kamal, Mathias Muchus, Gading Marten, Surya Saputra, Sholeh Solihun, Bayu Skak, dan Dinda Kanya Dewi. Mereka diundang oleh orang tak dikenal  untuk menghadiri acara offline di sebuah pulau terpencil.

Awalnya mereka mengira undangan ini adalah pertemuan untuk membahas sebuah proyek film yang besar, karena si pengundang membayar mereka dengan sejumlah uang yang tidak sedikit. Namun, suasana berubah menjadi mencekam ketika sampai di lokasi. Om Muchus tewas setelah menyantap makan malam yang sudah tersedia secara misterius. Selanjutnya, satu per satu dari delapan orang yang tersisa juga menjadi target pembunuhan. Rasa penasaran, takut dan curiga mulai muncul di antara orang-orang yang masih hidup. Apakah benar pelakunya adalah salah satu dari mereka, atau orang lain yang sengaja belum dimunculkan sosoknya?

Review
  
Saya tau film ini gara-gara nonton vlognya Raditya dika dan Bayu Skak. Mereka merekam proses syuting film Hangout. Kelihatannya seru, syutingnya di hutan-hutan gitu. Ada prilly yang sangat dielu-elukan aktingnya oleh Raditrya Dika, ada Bayu Skak yang tetep bawa kamera vlog kemana-mana meski main film, dan pemain-pemain lain yang kemampuan aktingnya udah nggak diragukan lagi. Selain itu, ada yang nggak biasa di film ini. Genrenya Komedi-Thriller? Itu gimana ceritanya ya, pembunuhan digabungkan dengan komedi? Awalnya saya nggak yakin Raditya Dika bisa menyatukan dua genre yang bertolak belakang itu, tapi melihat proses pembuatannya yang penuh kerja keras, saya jadi tertarik dan penasaran untuk melihat hasilnya. Apakah kerja keras itu benar-benar bisa menciptakan sebuah film Komedi Thriller yang apik dan  nggak garing?

Bela-belain nonton meski pulang lembur. Haha.
Kematian Om Muchus, seperti yang kalian lihat di trailer, adalah adegan mencekam yang mucul pertama kali. Tapi setelah itu saya dibikin bingung, disaat saya masih merasa tegang dengan kematian Om Muchus, disaat itu pula saya nggak bisa nahan ngakak ngeliat adegan Soleh Solehun pas meriksa denyut nadi. Kematian-kematian selanjutnya pun begitu rasanya. Saat belum selesai merasa tegang, takut, dan nggak nyangka pemainnya beneran mati, sebentar kemudian saya nggak bisa nahan tawa karena adegan-adegan bodoh. Anehnya, rasa tegang itu masih tetap ada meskipun sudah berhenti tertawa.  

Adegan yang paling bikin ngakak itu saat Gading martin yang penuh kecurigaan melempar pisau nyaris kena si Soleh, terus juga adega drama bawang putih bawang merah (endingnya nyasar jadi cerita cinderella) yang diperankan Bayu Skak, Raditya, Soleh dan Gading. Ampun-ampunan ngakaknya. 

Kalau bagian yang paling ngeri itu, pas kematian bayu skak. Sebenarnya bukan paling ngeri, tapi paling bikin penasaran karena pada saat itu dia menemukan sebuah petunjuk. Sebelum terungkap, eh doi mati duluan.

Biasanya film indonesia kan gampang banget ketebak endingnya. Hangout bener-bener beda ya, saya nggak bisa nebak dari awal siapa pembunuhnya. Awalnya saya curiga sama Soleh Solihun, karena dia satu-satunya orang yang punya alibi untuk membunuh teman-temannya. Terus abis gitu berubah, curiga sama Surya Saputra, soalnya di awal dia mencurigakan, apa lagi abis kecebur sumur tingkahnya makin aneh. Raditya dika pun sempat saya curigai, soalnya mukanya terlalu datar. Terus tenyata surya saputra mati, makin kuat deh dugaan saya sama Soleh Solihun. Tapi ternyata pembunuh sebenarnya adalah............. Ah, nonton sendiri deh ya?! Kamu kudu nonton, ini film saya sukak banget! 

Tidak ada pemeran utama dalam film ini, semua tokoh memiliki keunikan masing-masing. Tapi kalau boleh jujur, selama menonton perhatian saya sebagian besar kepada soleh solihun. Aktingnya keren banget, lucu tapi juga misterius. Menurut saya, sebagai penulis naskah plus sutradara, Raditya Dika sukses mengemas film Thriler-Komedi ini dengan apik. Latar belakang pulau terpencil, hutan-hutan, musik yang bener-bener sesuai, membangun suasana hati menjadi tegang trus ketawa lagi, tegang lagi ketawa lagi. Ampun deh, nggak nyesel nonton ni film. :D

Review Film : Fantastic Beasts and Where to Find Them


Minggu lalu by accident, saya diajak teman nonton film ini. Aseli, sebagai penggemar film dan buku fantasi saya merasa malu, karena baru tau "Fantastic Beasts and Where to Find Them" setelah diajak temen. Mungkin belakangan ini saya lagi hidup di gua, jadi nggak tau kabar-kabar film terbaru.

Jadi ceritanya, setelah tercetusnya rencana dadakan itu kita telat sekitar 15 menit, tapi tetep masuk bioskop karena udah nggak ada waktu lagi buat nonton. Pas masuk, si Newt Scamander udah sampai di New York dan bikin kerusuhan. Koper yang dia bawa hilang, terbawa oleh no-maj (non magic), seorang pria gendut bernama Jacob. Padahal koper itu berisi binatang-binatang aneh peliharaannya. Actually, itu semua binatang magis langka yang dia rawat dan lestarikan.

Newt sebenarnya adalah seorang magizoologist yang pergi ke New York untuk misi penyelamatan hewan. Sayangnya dia datang di waktu yang tidak tepat. New York sedang rusuh karena penyihir jahat bernama Gellert Grindelwald melarikan diri dari tahanan. Koper Newt yang hilang menambah kepelikan masalah. Hewan-hewan magis di dalamnya kabur. 

Sementara Newt dan teman-teman barunya berusaha mengumpulkan hewan-hewan itu kembali, terjadilah pembunuhan terhadap no-maj oleh kekuatan sihir yang besar. Newt Scamander dan temannya Tina, akhirnya tertuduh telah menggunakan Obscurus untuk membunuh. Obscurus adalah parasit. Dia termasuk makhluk langka, dan itu ada di kopernya si akang Newt. Parasit ini dapat membuat seseorang sangat kuat, namun juga membunuh bila inangnya tidak bisa mengontrol diri. Demi membebaskan diri dan teman-temannya dari tuduhan, Newt berusaha memecahkan masalah ini. Ia berusaha mencari orang yang menjadi inang Obscurus, sekaligus menyelamatkannya.

Komen Pribadi:
Serius, ini film keren banget! Diangkat dari buku yang berjudul sama, yang merupakan buku teks Harry Potter saat belajar di Hogwart. Skenario ditulis sendiri oleh J.K. Rowling dan disutradai oleh David Yates. Film bertemakan jaman perang dunia ke-II ini disajikan komplit dengan humor, drama, misteri dan ketegangan. Selain sihir-sihir khas JK Rowling, semua yang ada di dalamnya terlihat baru. Kalau dibanding dengan Harry potter, film ini lebih terasa mature

Awalnya saya bertanya-tanya, apakah film ini akan mampu menandingi Harry Potter? Ternyata tidak, Tokoh Newt Scamander, Tina, Queenie dan Jacob memberikan kesan tersendiri. Hingga kita kan merasakan nuansa yang memang berbeda tapi sama kerennya.

Pokoknya nggak bisa diceritakan dengan banyak kata, kalau mau banyak kata baca bukunya aja. Kalau mau nggak banyak kata, nonton aja filmnya... rekomendasi banget buat kamu yang minggu ini jadwalnya cuma mager. :D




Takdirku adalah yang Terbaik Untukku

*Tulisan ini tidak bermaksud untuk menggurui, ini hanyalah rangkuman dan ulasan dari ceramah Ustad Ali Jaber ditambah contoh dan pengalaman pribadi. Klik Link Youtube nya di sini.


boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia Amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia Amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 216)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, takdir adalah ketetapan atau ketentuan Tuhan. Dalam Islam, kita meyakini Takdir sebagai iman yang ke 6, yaitu iman kepada qada' dan qadar. Pengertian Qada menurut istilah adalah segala ketentuan atau keputusan Allah SWT terhadap mahluk-Nya sejak zaman azali. Qadar adalah perwujudan dari qada yaitu ketetapan Allah SWT yang telah terjadi.

Surat Al-Baqarah ayat 216 di atas menjelaskan bahwa Allah Maha Tau atas segala sesuatu sedangkan kita tidak, namun terkadang sebagai manusia, kita suka sok tau dan terlalu percaya diri dengan suatu pilihan.

Contoh kasus: Si Sinta lagi jatuh cinta sama seseorang. Secara dia tipe idaman banget, udah pinter, pantes juga buat gandengan kondangan, pinter ngaji dan lain sebagainya. Terus saking ngebetnya, akhirnya si Sinta berdoa:
"Ya Allah, dekatkan dia dengan aku. Jangan dekatkan dengan orang lain, please..." 
Nah, ini yang dimaksud dengan terlalu percaya diri. Apakah yang kita sukai sudah pasti yang terbaik untuk kita? Kita tidak pernah tau. Seperti contoh si Sinta, bisa jadi cowok yang dia suka ternyata homo, atau ternyata dia memiliki penyakit mematikan, atau mungkin ternyata dia jahat pada saudara dan orang tuanya, dll. Allah bisa saja mengabulkan apa saja yang kita minta, tapi jangan mengeluh apabila dikemudian hari  tidak mendapatkan kehidupan seperti yang kita inginkan. Jadi mungkin lebih baik bila kita berdoa seperti ini;
"Bila memang Dia yang terbaik untuk kehidupan dunia dan akhiratku, maka mudahkan dan dekatkan. Tapi kalau tidak, jauhkanlah, kuatkanlah imanku, dan pertemukan aku dengan seseorang yang terbaik dari sisi-Mu".
Contoh kasus nyata yang disampaikan oleh Ustad Ali Jaber, adalah cerita tentang seseorang yang sangat menginginkan anak. Beliau mohon didoakan untuk memiliki keturunan. Ustad mendoakan kalau keturunan itu baik semoga segera diberikan oleh Allah, tapi kalau tidak semoga mendapat ganti yang lebih baik. Orang tersebut tidak mau, dia ingin didoakan segera mendapatkan keturunan. Akhirnya setelah didoakan, tak lama kemudian istrinya hamil dan melahirkan anak kembar, namun dua-duanya cacat. Kemudian orang tersebut bilang "Kalau begini mending tidak usah punya anak...". Hmm, no coment.

Pengalaman pribadi saya adalah tentang pekerjaan. Dulu waktu masih jadi jobseeker, saya mengikuti tes di sebuah perusahaan yang sangat saya inginkan. Setelah tes, saya pasrah aja sambil berdoa  bila memang ini yang terbaik, semoga Allah memberi kemudahan lolos tes. Bila memang tidak baik untuk kehidupan dunia dan akhirat, semoga Allah memberikan kekuatan dan petunjuk agar saya mendapatkan yang terbaik. Ternyata Allah tidak mengijinkan saya lolos. Sempat kecewa sih, tapi inget sama doa yang sudah di sebutkan tadi, akhirnya saya mencoba berfikir positif, bahwa Allah memiliki pilihan lain yang lebih baik. Alhamdulillah, saya tidak menyesal, meski harus melalui berbagai proses hingga akhirnya mendapatkan pekerjaan saat ini. Tak beberapa lama setelah itu, teman saya yang berhasil lolos di perusahaan tersebut mengeluhkan sistem kerja yang dianggap tidak barokah meski gajinya besar.

Mengutip dari Ustad Ali Jaber " Yakini dan percaya, bila Allah memberikan kemudahaan, berarti itu adalah pilihan-Nya. Bila kita sudah memilih, jangan sampai disalah gunakan. Jadikan apa pun yang diberikan oleh Allah bermanfaat dan berguna bagi orang lain."

Nikmati kehidupan ini apa adanya karena  kita sudah diberikan yang terbaik. Ada tiga nikmat yang tidak bisa di beli, yaitu:

  1. Nabi yang terbaik, Muhammad SAW
  2. Kitab yang terbaik, Al Quran, dan
  3. Agama yang terbaik, agama Islam

Orang yang terkaya bukanlah yang bergelimang harta, tapi Rasul menggambarkan orang yang terkaya adalah orang yang memiliki 3 hal berikut ini:
1.       Bangun subuh sehat wal'afiat.
2.       Aman
3.       Memiliki rizki yang cukup hari ini.

Ada 2 hal yang perlu diperhatikan dan dibedakan tentang Takdir, yaitu:
  1. Takdir Kauni, adalah  takdir yang kita tidak bisa ikut campur tangan di dalamnya, Ex: kematian, sakit, rizki, dll
  2. Taqdir Syar'i adalah takdir yang memiliki pilihan baik untuk ibadah maupun maksiat.
Tanamkan kepercayaan di hati dengan berbaik sangka. Apa pun yang datangnya dari Allah, ucapkan Alhamdulilah agar hati menjadi tenang. Baru setelah itu ucapkanlah innalillah. 

Setiap bencana yang menimpa di Bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuuz) sebelum kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah. [QS Al Hadid (57): 22]
Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.  [QS Al Hadid (57): 23]

Jangan putus asa terhadap sesuatu yang kita inginkan tapi sudah berlalu. Wallahu A'lam (Allah lebih menyetahui apa yang tidak kita ketahui).